DAFTAR ISI BLOG

Wednesday, May 16, 2012

Cara Mengatasi Printer Canon 2770 error 6000



Untuk kali ini saya akan memposting bagaimana cara mengatasi Printer Canon IP2770 Error 6000. Sengaja saya posting dan berbagi pengalaman dengan para pembaca sekalian karena memang ada pertanyaan dari pembaca yaitu mas B3C4K AE dan juga karena banyak service printer di tempat saya yang mengalami hal yang demikian dan Alhamdulillah sudah bisa saya atasi dan lumayan bisa buat tambahan beli susu. Terimakasih kepada semua yang sudah mempercayai saya untuk memeriksa printernya dan memberikan imbalan jasa yang pantas (yang penting ikhlas). sekali lagi terima kasih. He.. he.. Oya... kembali ke.. Printer....

Memang untuk jenis Printer Canon IP2770 sering mengalami gangguan baik secara mekanik maupun software dan untuk kali ini saya akan sedikit menerangkan dan sedikit memberikan solusi ketika printer Canon IP 2770 anda mengalami error 6000. Error 6000 ini sudah biasa terjadi pada printer jenis canon, dan perintah error ini biasanya tampil ketika kita hendak melakukan pengeprinan keluar pada tampilan layar monitor komputer anda yaitu Error 6000 seperti terlihat pada tampilan gambar di atas. 
Apabila sudah terlihat seperti pada gambar di atas jangan anda bingung ini sudah biasa terjadi pada jenis printer canon terutama printer Canon IP2770 dan semua ini terjadi karena mekanik pada printer jenis Canon Ip2770 sangatlah rentan dan cepat patah.  Untuk kerusakan Printer canon IP 2770 error 6000 sangatlah bermacam-macam tetapi pada intinya ini terjadi pada mekanik printer itu sendiri. Kerusakan yang paling mudah dan simple biasanya terjadi pada posisi pada penyangga kertas atau penarik kertasnya pada printer kurang pas dan biasanya ini terjadi karena kita terlalu banyak menaruh kertas pada tempat kertas printer Canon IP 2770 sedangkan untuk kerusakan yang paling parah yaitu patahnya rool penarik kertas ataupun gerigi pada mekanik printer ada yang patah. 
Sebelum saya memberikan sedikit solusi mengatasi printer canon IP 2770 error 6000 saya akan menyajikan sedikit tip dan trik untuk menghindari terjadi Printer Canon IP 2770 error 6000.
  1. Taruhlah kertas pada tempat kertas printer dengan benar.
  2.  Pakailah kertas yang benar-benar bagus jangan yang sudah lusuh/rusak.
  3. Pakailah kertas untuk bobot kertas minimal 60 gram.
  4. Kapasitas kertas maximal 30 kertas jangan terlalu banyak.
  5. Sering-seringlah menjaga kebersihan printer dari debu dan kotoran tinta.
  6. Jangan sering-sering mencetak dengan kertas tebal.
itu aja sedikit saran dari saya. Untuk mengatasi apabila terjadi Error 6000 pada Printer Canon IP 2770 saya berikan sedikit solusinya seperti dibawah ini mudah-mudahan bisa dan bermanfaat :
  1. Sebelum printer dibongkar periksa dulu atau dengarkan suara printer ketika anda menyalakan printernya. 
  2. Buka Kap printer dan ganjal tombol kap printer agar catride tidak parkir dan siap melakukan percetakan tetapi kap printer dalam keadaan terbuka kemudian Lakukan pengetesan printer atau test print.
  3. Perhatikan arah jalannya catride saat terjadi error tersebut catride berhenti pada bagian mana?
  4. Apabila printer berhenti pada bagian pembuangan tinta bongkar printer.
  5. Perhatikan mekanik-mekanik printer terutama pada roll penarik kertas, gerigi-geriginya, atau mekanik-mekanik yang ada disebelah kanan printer.
  6. Bongkar seluruhnya. perhatikan mekanik-mekaniknya dan posisi penempatannya. Apakah sudah benar. 
  7. Apabila semua tak ada masalah coba periksa barang kali ada salah satu mekanik yang patah atau pecah. 
  8. Apabila ada yang pecah mending diganti aja kalo cuma patah sedikit kita bisa mengelemnya dengan menggunakan lem Alteco.
  9. Jangan lupa sekalian bersihkan dari bekas-bekas tinta yang menempel pada mekanik printer.
  10. Setelah itu pasang kembali mekanik-mekanik printer pada posisi yang benar.
  11. lakukan test printer.
  12. selesai.
Demikian sedikit Solusi mengatasi Printer Canon IP 2770 Error 6000 mudah-mudahan berhasil dan bermanfaat.

Share on :

5 comments:

  1. gan, printer sy canon ip2770. dipake print tp hasilnya gak sesuai dgn setting marginnya,t4 masukan kertas n mistar kertas bergetar seperti narik kertasnya agak turun. jd margin top yg udah di atur 4cm agak turun jd 5,5cm.. gimana cara mengatsinya gan?? mohon bantuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. begini Arelin... kalo masalah itu kemungkinan ada 2 hal.... pertama yang paling ringan pada pengaturan printernya : coba Arelin periksa pada printer propertiesnya apakah semuanya sudah di cek sesuai defaulnya pa belum, kalo sudah coba pengesetan halaman (page setup) kamu cek lis pada staple side (percetakan tanpa tepi).
      Yang kedua adalah pada hadwarenya, masalah pada hardwarenya kemungkinannya kecil karena ini biasanya terjadi pada pada rool penarik kertas yang ada di dalam printer yang berbentuk bulat dan ada karet pemutarnya. Jika itupun terjadi masalah biasanya printer tidak jalan secara normal tapi kategori berat. Sedangkan punya Arelin masih bisa buat mencetak walaupun jaraknya sedikit kebawah.
      Kalo ternyata sudah dilaksanakan tapi tidak bisa, bisa tolong dijelaskan lebih rinci software yang Arelin gunakan untuk mencetak itu apa (pake MS Word, Ms Excel, dll) biasanya seh masalah yang seperti itu terjadi pada MS Excel karena kesalahan pada pengaturan Page Setupnya. itu aja sedikit gambaran solusi dari saya. Barang kali temen2 yang lain bisa memberikan solusi lebih bagus silahkan berikan komentarnya ya?

      Delete
  2. gen, Printer ane Cma Persis ama Apa Yg D Bahas Ini
    tpi Dy Tdk Bsa Ngprint Dengan Muncul error
    Saat D Yalakan warna lampu hijau kemabali kuning
    dan roll muter sebentar lalu berhenti tetapi cardtride tdk berjalan diam di tempat semula
    mohon penecarahan ny?

    ReplyDelete
  3. Makasih atas Bantuannya,,,
    sekarang saya sudah bisa menggunakan Printer saya,

    ReplyDelete
  4. gan gimana caranya supaya printer ane bisa ngeluarin uang saat ngeprint kertas?

    ReplyDelete